Up | Down

Photobucket
 

SELAMAT DATANG MABA 2010

~ ~
MIPA JAYA

Selamat datang kami ucapkan kepada teman-teman MAHASISWA baru FMIPA UB TH 2010........
Jadikan suatu kebanggan tersendiri bahwa kalian telah memilih atau tidak sengaja terpilih menjadi bagian dalam kelurga besar FMIPA UB.Karena disini lah menjadi salah satu tempat bagi kita untuk menentukan bagaimana bentuk dari masa depan kita.


Selamat datang juga di blog LOF SOBAT FMIPA UB...

LOF SOBAT (Seni Olahraga Bakat & Minat) merupakan suatu Lembaga Otonomi Fakultas yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai wadah penyaluran bakat kreatifitas dan apresiasi seni dan olah raga di bidang Seni maupun Olahraga bagi mahasiswa MIPA yang berminat atau berbakat, juga berperan dalam membangkitkan semangat rasa persatuan melalui bidang tersebut.Selain itu LOF SOBAT juga berperan dalam memunculkan generasi muda yang berbakat dan berprestasi dalam seni dan olahraga dari kalangan mahasiswa MIPA, dan pada akhirnya mampu untuk mengukir prestasi di bidang seni atau olahraga pada tingkat fakultas,universitas bahkan nasional.

SOBAT sampai saat ini telah mempunyai sembilan divisi yang terdiri dari enam divisi olahraga yang di koordinator oleh seorang Official Manager dan tiga divisi seni yang di koordinator oleh seorang Executive Manager. Pada divisi olahraga terdiri dari Divisi Basket, Divisi Futsal, Divisi Voli, Divisi Tenis Meja, Divisi Badminton, Divisi Catur, serta Komunitas Olahraga lainya yang belum tercover dalam divisi. Bidang seni SOBAT terdiri dari Divisi Fotografi (FRONTAL), Divisi Home Band, Divisi Dance, serta komunitas seni lainya yang belum terdapat dalam divisi seni SOBAT. Berbagai macam prestasi telah disumbangkan dari divisi-divisi yang ada di SOBAT yang tentunya memberi suatu kebanggaan tersendiri bagi atlit/artis yang bersangkutan,SOBAT, dan Fakultas tentunya.

Banyak yang akan kita dapat apabila kita masuk atau menjadi bagian dari SOBAT selain dapat menyalurkan minat dan bakat kita pada bidang Seni dan Olahraga.Disini kita belajar untuk menerima rangsangan. Dan hal ini sangat diperlukan bagi kita dalam proses pendewasaan diri dan berfikir yang akan sangat berguna bagi kita sebagai bekal soft skill saat kita terjun dalam masyarakat. Seorang cendekiawan (penulis lupa identitasnya.red)mengatakan bahwa untuk menjadi pribadi yang mendekati sempurna maka kita harus mempunyai tiga hal penting yaitu mempunyai pola berfikir yang logis, mempunyai semangat yang tinggi dan mempunyai hati yang halus,lurus dan bersih.

Suatu keuntungan bagi kita, karena di SOBAT kalau kita bisa memaksimalkan keterlibatan diri kita pada segala bentuk kegiatan-kegiatan baik pada bidang seni dan olahraga yang ada, tanpa disadari kita telah berproses untuk menjadi manusia yang TARUNA (manusia yang disempurnakan). Berdasarkan dari argumen cendikiawan tersebut menjadi bagian dari SOBAT, kita bisa mendapatkan ketiga point tersebut.

Point pertama, berfikir logis dapat kita dapatkan pada proses perkuliahan. MIPA merupakan suatu bidang ilmu yang di dalamnya kita belajar tentang obyek-obyek alam yang memiliki hukum-hukum yang pasti, mencari suatu kebenaran dengan menggunakan proses atau kerangka berpikir yang ilmiah dan logis. Akan menjadi suatu kebiasaan bagi diri kita dalam menggunakan logika karena kita terbiasa untuk berfikir logis dalam mengikuti kegiatan kegiatan akademik di kampus MIPA.

Point kedua, semangat juang yang tinggi (fighting spirit) dapat kita peroleh melalui olahraga. Apapun jenis dan bentuk olahraga akan sangat berpengaruh kepada spirit dan motivasi diri kita sendiri. Karena spirit dan motivasi yang kuat akan muncul apabila kita memiliki kondisi jasmani yang sehat.

Point ketiga, kembali menurut cendikiawan tersebut melalui seni akan berpengaruh baik langsung maupun tidak langsung dalam proses menghaluskan dan membersihkan hati.

Ketiga point tersebut masih memerlukan syarat agar bisa membentuk diri kita menjadi pribadi yang lebih baik yaitu disiplin. Suatu hal yang sulit bagi penulis dalam penerapanya pada kehidupan sehari-hari. Sekarang saatnya untuk menentukan pilihan demi masa depan kita. Apakah kita memilih untuk menjadi mahasiswa biasa yang akan mengisi masa-masa kita kuliah dengan hanya sebagai mahasiswa yang mengejar IP cumlaude???kalau itu tujuan kita, maka itu bisa kita dapatkan selama kita dalam proses akademik di kampus. Atau kita memilih untuk menjadi mahasiswa yang tidak biasa (dalam arti positif.red) yaitu mahasiswa yang memiliki kemampuan berfikir logis dan tidak harus cumlaude,mahasiswa yang memiliki motivasi diri atau fighting spirit yang kuat dalam menghadapi perjalan hidupnya dan mahasiswa yang memiliki hati yang halus dan bersih yang memiliki kemudahan dalam berhubungan vertikal dengan Tuhanya. Semuanya tergantung diri kita.

Akhirnya saya hanya berharap agar diri saya dan tentunya teman-teman semua dapat mengambil suatu pelajaran sebanyak-banyaknya selama kita berada di SOBAT. Untuk teman-teman mahasiswa baru FMIPA 2010 saya tunggu kehadiran kalian di SOBAT. Kami akan selalu terbuka untuk segala bentuk minat bakat seni olahraga yang ada di FMIPA UB.

Note:
Tulisan ini semata mata bukan untuk maksud apa-apa, bukan juga untuk neges-neges an. Tapi tullisan ini dibuat khusus penulis di saat penulis kurang kerjaan untuk mencoba atau testing suatu yang "baru". Apabila ada kesamaan nama tokoh atau suatu yang kurang berkenan disampaikan permohonan maaf yang sebenar-benarnya.

Saya cukupkan sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar